5 Anggur yang Mudah Ditanam dan Diminati Warga Lokal

Menanam anggur di halaman rumah atau kebun memang menyenangkan. Tidak hanya karena hasilnya yang enak disantap, tapi juga karena beberapa jenis anggur cukup mudah ditanam dan diminati oleh warga lokal. Di artikel ini, kita akan membahas lima jenis anggur yang mudah ditanam dan digemari banyak orang. Yuk, simak selengkapnya! 

Baca Juga:

Anggur Isabella

Kenapa Isabella?

Anggur Isabella terkenal karena kemudahannya dalam beradaptasi dengan berbagai jenis tanah dan iklim. Selain itu, anggur ini juga cukup tahan terhadap berbagai macam penyakit, sehingga cocok untuk ditanam oleh pemula yang hendak mencoba budidaya anggur.

Info Sederhana

  • Pilih Lokasi yang Tepat: Walaupun cocok akan segala jenis tanah menanam anggur jenis ini perlu mendapatkan sinar matahari penuh dan cukup ya.
  • Tanah yang Subur: Jenis tanah yang digunakan, pastikan memiliki drainase baik.
  • Penyiraman: Penyiraman air secukupnya, dan pastikan jangan sampai menggenang, supaya akar tidak mudah busuk dan tanaman tumbuh secara optimal.

Kelezatan Buahnya

Anggur Isabella memiliki cita rasa manis dengan sedikit rasa asam, biasanya anggur ini cocok untuk dikonsumsi langsung atau bisa dijadikan olahan jus/smoothies.


Anggur Concord

Kenapa Concord?

Anggur Concord juga merupakan pilihan favorit masyarakat karena punya cita rasa yang manis dengan aromanya wangi yang khas. Anggur ini juga cukup tahan terhadap cuaca dingin, sehingga banyak diminati di daerah beriklim sejuk atau daratan tinggi.

Info Sederhana

  • Persiapan Tanah: Gemburkan tanah dan tambahkan kompos.
  • Penanaman: Penanaman anggur jenis ini harus dengan jaga antar bibit lain sekitar 1,5 meter.
  • Perawatan: Perawan tanaman anggur jenis ini cukup simpel yakni pangkas secara rutin untuk membentuk pola pertumbuhan yang di inginkan, karena tanpa pemangkasan yang rutin batang dapat tumbuh secara berantakan.

Kelezatan Buahnya

Anggur Concord sangat populer untuk dijadikan olahan selai, jus, maupun wine. Cita rasanya yang manis membuatnya diminati banyak orang.


Anggur Red Globe

Kenapa Red Globe?

Anggur Red Globe atau warga local menyebutnya anggur sejuta umat terkenal dengan buahnya yang besar serta berwarna merah menggoda. Selain penampilannya yang menarik, anggur ini juga cukup mudah ditanam dan dikembangbiakkan di berbagai jenis kondisi iklim.

Info Sederhana

  • Cahaya Matahari: Anggur jenis ini sama dengan anggur isabella harus mendapatkan sinar matahari penuh dan penanamnya perlu mengikuti seni arah mata angin.
  • Pengairan: Walaupun dapat tumbuh di berbagai iklim anggur jenis ini tidak suka air banyak atau tergenang air secara berlebihan, karena itu menyebabkan akar dan bagian batang membusuk. Cukup pastikan jika bagian tanah lembab dan basah.
  • Pemupukan: Berikan pupuk kandang dan pupuk organik cair (POC) setiap beberapa bulan sekali.

Kelezatan Buahnya

Red Globe sangat cocok dimakan lansung atau menjadi olahan masakan, karena teksturnya yang segar renyah serta rasanya yang manis.


Anggur Prabu Bestari

Kenapa Prabu Bestari?

Anggur Prabu Bestari atau Red Prince merupakan varietas anggur lokal yang mirip dengan anggur red globe yang mulai populer karena kemudahan dalam perawatannya dan hasil panen buahnya yang selalu berlimpah.

Info Sederhana

  • Persiapan Lahan: Anggur jenis ini tidak terlalu suka cuaca panas/terlalu banyak terpapar sinar matahari secara lansung, jadi pastikan memberikan naungan peneduh ya.
  • Penanaman Bibit: Penanaman bibitnya juga perlu adanya jarak 1,5m dengan meilih varietas yang sdh tersertifikasi.
  • Perawatan: Runtin menjaga kelembaban tanah dan berikan pupuk cair organik secara berkala setiap 1 bulan.

Kelezatan Buahnya

Anggur Prabu Bestari memiliki rasa manis ber air yang pas serta tekstur daging buah yang empuk lembut yang menjadikannya favorit di kalangan pasaran lokal.

Mencari plastik uv sebagai media naungan atapnya? Yuk dapatkan harga terbaik dengan klik disini sekarang juga!

Anggur Ninell

Kenapa Ninell?

Anggur Ninell adalah salah satu dari varietas anggur yang cepat berbuah serta mudah ditanam di daerah tropis, termasuk negara Indonesia. 

Info Sederhana

  • Penyiapan Tanah: Pastikan tanah yang akan di palai memiliki pH netral serta bersih akan zat-zat yang berbahaya..
  • Penanaman Bibit: Waktu paling ideal dalam menanam anggur jenis ini ialah di musim hujan karena memastikan cukup banyak air dalam masa perkembangannya.
  • Pemangkasan: Tak hanya mengandalkan pupuk saja, memangkas batang/dahan secara rutin dapat merangsang pertumbuhan buah.

Kelezatan Buahnya

Anggur Ninell memiliki rasa yang manis dengan sedikit rasa segar, dan anggur ini yang cocok untuk dinikmati sebagai camilan sehat ataupun campuran salad salad buah.


Kesimpulan

Menanam anggur di rumah atau kebun ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan memilih jenis anggur yang tepat seperti Isabella, Concord, Red Globe, Prabu Bestari, dan Ninell, Anda bisa menikmati hasil panen yang melimpah dan tentunya diminati oleh warga lokal. Selamat mencoba menanam anggur dan semoga sukses!

Untuk pemesanan dan info lebih lanjut, silahkan hubungi kami pada hari dan jam kerja (Senin s/d Sabtu pukul 8.00-16.00 WIB, Minggu dan hari besar TUTUP).

Email : limcorporation2009@gmail.com

Telepon : 031-8830487

            Kontak : 0812-3258-4950 / 0852-3392-5564


5 Anggur yang Mudah Ditanam dan Diminati Warga Lokal  5 Anggur yang Mudah Ditanam dan Diminati Warga Lokal Reviewed by Yoyon Oke on Mei 31, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.